4 Cara Mudah Untuk Memperkuat Sinyal Ponsel

Sinyal Ponsel memang menjadi salah satu komponen yang sangat penting, karena tanpa adanya sinyal kita tentu tidak dapat menghubungi seseorang atau mencoba untuk mengirim sms kepada orang lain. Karena itulah kita semua pasti menginginkan sebuah ponsel dan operator yang selalu menyediakan sinyal yang luas dan lancar.

Lemah atau Kuatnya sinyal pun bisa kita ketahui dengan melihat Bar yang ada di bagian atas layar ponsel. Tetapi status bar di layar ponsel juga bukan sebuah indikator yang mutlak untuk menentukan sinyal ponsel.
Karena kekuatan sinyal di setiap ponsel bisa saja berbeda, bisa saja sinyal ponsel sobat lemah, sedangkan sinyal ponsel orang lain lancar.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips berupa 4 Cara Mudah Untuk Memperkuat Sinyal Ponsel.

1. Tandai Area Yang Penuh Sinyal

Area Penuh Sinyal

Tidak semua area di rumah memiliki sinyal yang sama, terkadang ada ruangan yang memiliki sinyal yang lebih tinggi dari ruangan lain, misalnya ruang tamu memiliki sinyal yang lebih lancar dari pada di dapur. Untuk itulah sobat harus menandai setiap titik atau ruangan yang memiliki sinyal yang kuat dan bagus.

Sobat bisa menyalakan mode Field Test atau masuk ke pengaturan Ponsel untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Langkah berikutnya sobat tinggal berjalan ke satu ruang ke ruangan lain untuk menandai setiap titik ruangan yang memiliki sinyal yang kuat. Jadi ketika sobat sudah tau titik ruang mana saja yang memiliki sinyal lancar, maka silahkan pergi ke titik tersebut jika sobat mengalami sinyal yang lemah saat berada di ruangan lain.

Baca Juga  4 Pertanyaan Penting Mengenai Baterai Smartphone

2. Manfaatkan Mode Airplane

Airplane Mode

Langkah selanjutnya adalah dengan me-refresh jaringan ponsel sobat. Tapi bagaimana caranya?
Ya, hanya dengan mengandalkan Mode Airplane ataupun Mode Pesawat ini, tidak perlu sobat sampai merestart atau mematikan handphone.

Yang perlu sobat lakukan hanya mengaktifkan mode airplane dan tunggu beberapa detik, setelah itu matikan kembali mode airplane dan biarkan sinyal ponsel merefresh untuk beberapa detik. Jika sudah maka sinyal sobat akan kembali ter-update dari sebelumnya, dan ponsel akan kembali terhubung ke pemancar sinyal terdekat. Bahkan sinyal bisa lebih kuat dari pada yang sebelumnya.

3. Buka Pintu dan Jendela

Pintu dan Jendela

Terkadang sinyal juga bisa terganggu disaat sobat berada di ruangan yang serba tertutup, misalnya semua jendela dan pintu juga tertutup, itu juga bisa menyebabkan sinyal sulit untuk mencapai lokasi sobat berada.

Karena itu ketika sinyal ponsel sobat melemah, cobalah buka jendela atau pintu yang ada. Hal ini juga berlaku ketika sobat berada di dalam mobil, cobalah buka jendela mobil tersebut, agar sinyal tidak memiliki penghalang untuk tersambung ke ponsel sobat.

4. Isi Daya Baterai

Isi Baterai Smartphone

Dan cara terakhir adalah dengan mengisi dahulu baterai ponsel sobat ketika sedang sekarat atau lemah daya.

Beberapa Smartphone memang memiliki sistem mematikan sinyal otomatis ketika daya baterai sudah semakin habis, tujuannya untuk lebih menghemat sisa baterai yang ada agar smartphone bisa tetap hidup.

Ketika fitur mematikan jaringan otomatis ini aktif, tentu saja sobat tidak akan bisa terhubung ke jaringan.
Untuk itulah jika daya baterai ponsel sobat sudah mulai melemah, silahkan langsung di isi. Karena baterai juga menjadi salah satu penyebab matinya jaringan.

Default image
Al Amin
Cuma seorang yang suka ATM ilmu orang.

Leave a Reply