6 Aplikasi Chat Jadul Terpopuler Yang Sekarang Sudah Ditutup

6 Aplikasi Chat Jadul Yang Sekarang Sudah Ditutup – Bila kita mengulas aplikasi pesan instant atau messenger, apa sih yang terbanyak dipakai saat ini? Jawabnya sudah pasti ialah Whastapp dan Telegram atau ditambah lagi Signal dan LINE yang masih lumayan terkenal di Jepang dan Korea Selatan. Namun dalam sejarahnya ada pula aplikasi pesan instant yang harus tutup di tengah jalan karena sepinya pemakai dan digerus oleh jaman. Karena kalah berkompetisi beberapa aplikasi pesan instant berikut memilih untuk stop sediakan layanan untuk selamanya. Nah, berikut adalah pembahasan singkatnya.

1. Catfiz

aplikasi catfiz

Untuk orang yang baru kenal smartphone kemungkinan nama Catfiz cukup asing terdengar. Aplikasi ini ialah aplikasi pesan instant dari Indonesia yang ada di zaman awal mula Android dan sempat banyak pemakainya saat diakhir masa keemasan Blackberry. Aplikasi ini dahulu tersedia terbatas di Android. Tetapi selanjutnya kalah berkompetisi dengan pesan instant yang lain seperti LINE dan Whatsapp. Catfiz pada akhirnya lenyap entah ke mana bahkan juga informasi tutupnya juga tidak ada.

2. Yahoo! Messenger (YM)

yahoo messenger

Yahoo! pernah nikmati masa keemasan dan sayang mereka terbuai dan tidak lakukan pengembangan. Salah satunya layanannya yakni Yahoo Messenger benar-benar terkenal dan digemari oleh anak muda pada eranya. YM dahulu tersedia dalam beragam platform termasuk di ponsel dan provider di Indonesia sempat sediakan paket khusus YM. Karena makin minimal pemakai, YM pada akhirnya tutup layanan pada 2018 lalu.

3. Gtalk

aplikasi google talk

Google Talk atau Gtalk ialah aplikasi pesan instant yang di-launching pertama kalinya pada tahun 2005. Gtalk terhubung dengan Gmail dan sempat jadi aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus dari perangkat Android. Google yang adidaya dalam mesin pencari dan OS Android, namun kesulitan dalam bidang pesan instant. Pada akhirnya Gtalk ditutup pada 2015 dan satu tahun selanjutnya munculah Google Allo sebagai penggantinya.

Baca Juga  6 Tren Topik Obrolan Yang Paling Disukai Warga Twitter Indonesia

4. Blackberry Messenger (BBM)

blackberry messenger

Aplikasi pesan instant yang fantastis terutama di Indonesia. Mulanya BBM terbatas untuk beberapa pemakai perangkat Blackberry. Menjadikannya sebuah kebanggaan tertentu jika memiliki Blackberry dan dapat tukar-tukaran PIN. BBM meledak di akhir 2000an dan banyak muncul tiruannya. Memasuki 2013 Android mulai berulah dan BBM masuk iOS dan Android. Pada akhirnya pesan instant ini harus tutup pada 2019. Alasannya adalah beberapa pemakai yang tidak nyaman karena banyak iklan.

5. Google Allo

google allo

Google tidak selama-lamanya selalu sukses dalam mengeluarkan produk. Bisa dibuktikan, Google Plus, Gtalk dan Allo ialah yang paling nyata. Google Allo di-launching pada 2016 sebagai alternatif Gtalk. Karena sepinya pemakai aplikasi pesan instant ini pada 2019 Google memilih untuk menutupnya. Tetapi bukan itu saja, dahulu Allo dikritik karena dipandang tidak aman dalam masalah privasi.

6. AIM (AOL Instan Messenger)

aplikasi aim

Inilah salah satu pion aplikasi pesan instant dan di-launching pada 1997 lalu saat internet masih terbatas dan jauh saat sebelum masa keemasan Android dan iOS. Aplikasi ini pertama kali ada di platform Microsoft Windows dan sempat terkenal di penjuru dunia. Pada 2017 AIM ditutup seutuhnya dan lenyap. AOL atau American Online sendiri ialah perusahaan internet yang pernah berjaya di zaman 90an.

Default image
Vetrist

Cuma seorang yang suka ATM ilmu orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.