6 Cara Untuk Merawat Televisi (TV) Agar Tidak Mudah Rusak

6 Cara Untuk Merawat Televisi (TV) Agar Tidak Mudah Rusak – Televisi telah menjadi satu diantara kesenangan yang temani hari-hari saya sejak dari kecil.

Dari tv tabung hitam-putih yang hidupinnya pakai aki motor, tv tabung berwarna, tv lcd, tv led, sampai pada saat ini telah ada smart tv, keseluruhnya pernah saya rasain bagaimana rasanya nonton. Walau pun hanya menumpang menonton di dalam rumah tetangga sih kalau yang smart tvnya hehehe.

Menurut saya secara personal, jika peran tv sebagai salah satu media electronic penyuplai informasi dan hiburan dipergunakan dengan maksimal, contoh untuk media pengajaran, pasti sanggup menjangkau sampai ke penjuru negeri, akan terbentuk mekanisme pengajaran dengan biaya murah.

Berikut cara-cara menjaga dan menggunakan tv agar tidak cepat rusak.

1. Rajin Bersihkan Debu Di atas Televisi

televisi

Debu yang melekat pada tv kemungkinan akan masuk ke mesin tv lewat sela yang ada di casingnya. Debu ini bisa menghambat performa dari komponen pada mesin tv, debu yang terkena udara dingin yang lembab dapat mengakibatkan konlseting maupun korosi pada komponen bagian dalam tv.

2. Jauhi Menempatkan Makanan atau Minuman Pada Meja Tempat Menaruh Televisi

televisi 2

Minuman dan makanan pada meja tv bisa mengundang hadirnya semut, kecoa, dan cicak. Banyak kasus tv mejadi hancur sesudah kemasukan hewan dan serangga, bahkan juga bisa mengakibatkan terjadinya konsleting listrik.

Baca Juga  Trik Mudah Membuat Chat Ngeblur pada WhatsApp Web

3. Pakai Televisi Maksimum 12 Jam Dalam Satu hari

televisi 3

Jika teori ini mah menurut saya personal saja, yang menurut saya walau pun sebuah benda mati berbentuk mesin, jika dipakai terus-terusan sepanjang 24 jam pasti rusak juga.

4. Cabut Steker Kabel Ac Televisi Jika Tidak Dipakai Dalam Jangka Waktu Lama

Banyak yang tidak paham, jika mematikan tv dengan remotnya tidak berarti tv itu betul-betul mati keseluruhan. Jika masih dialiri listrik, sistem dalam mesin tv itu masih kerja tetapi pada kondisi stanby. Umumnya yang masih kerja adalah bagian power supplynya yang disebut jantung untuk tv itu agar bisa menyala.

Kalian dapat menggunakan colokan listrik yang ada sakelar on-offnya, jadi akan lebih efektif karena kita tidak perlu mengambil kabel AC tv dari stekernya, kita hanya tekan tombol off saja.

5. Pakai Timer Jika Menonton Tv Sambil Tiduran

televisi 4

Umumnya jika melihat tv sekalian berbaring, pada akhirannya bukan kita yang melihat tv, tetapi kita yang dilihat oleh tv karena kita jadi ketiduran. Karena itu mode timer off automatis akan menolong kita agar tidak terjadi seperti yang saya sebut barusan. Disamping itu akan mengirit pemakaian listrik.

6. Tidak boleh Menghidupkan Tv Saat Turun Hujan

Telah jadi rahasia publik jika lagi turun hujan umumnya pasti diimbangi dengan sambaran petir. Tv yang menggunakan antena biasa atau antena parabola sebagai yang menerima tayangan tv benar-benar rawan terhadap sambaran petir.

Maka janganlah menghidupkan tv jika sedang turun hujan. Satu lagi, rata-rata yang banyak orang tidak ketahui, mengapa telah mematikan TV bahkan juga mencabut kabel powernya dari jala-jala listrik PLN tetapi tetap tersambar petir?

Baca Juga  Cara Mudah Menghilangkan Pemberitahuan (Notif) di WhatsApp

Itu ternjadi karena kita lupa untuk mengambil kabel antena yang tersambung ke tv. Antena outdor yang biasa terpasang di ketinggian akan gampang disambar oleh petir. Karena antena dibuat dari bahan aluminium yang memiliki sifat gampang mengantarkan arus listrik.

Leave a Comment

error: Content is protected !!