6 Perbedaan Antara USB 2.0 dan USB 3.0 Yang Harus Kamu Tau!

Perbedaan USB Versi 2.0 dan USB 3.0 – Saat menghubungkan suatu perangkat, kita sering menemui istilah USB 2.0 dan USB 3.0. Kenyataannya, ada ketaksamaan yang pasti di antara ke-2 tipe USB itu. Walau serupa dan dapat dipakai dengan cara yang sama, tetapi ada banyak faktor yang membedakan ke-2 USB itu.

Sepintas, colokan atau port di antara USB 2.0 dan 3.0 mempunyai wujud yang serupa persis. Namun, untuk membedakannya, beberapa produsen memakai plastik isolasi biru untuk menandai USB 3.0.

Pengertian USB

usb 1

Saat sebelum kita masuk ke ulasan perbedaan antara USB 2.0 dan 3.0, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apakah itu USB.

USB (Universal Serial Bus) adalah standar bus serial yang umumnya kita pakai untuk computer, tetapi cukup banyak yang dipakai untuk perangkat lain, seperti console game, gadget dan lain-lain.

Menurut apa yang tercatat di Wikipedia, design USB diperuntukkan untuk menghilangkan tambahan expansion card ke ISA computer atau PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play dengan memperbolehkan kita untuk beberapa komponen dihubungkan ke sistem tanpa perlu lakukan re-boot terlebih dulu.

Saat USB terpasang, maka langsung akan dikenal oleh sistem computer. Dengan demikian, kita bisa menghubungkan beberapa perangkat tambahan, seperti mouse, keyboard, scanner dan lain-lain dengan benar-benar simpel.

Berikut adalah riwayat kelahiran beragam jenis versi USB:

– Pre-Rilis
USB 0.7 – November 1994
USB 0.8 – Desember 1994
USB 0.9 – April 1995
USB 0.99 – Agustus 1995
USB 1.0 Release Candidate – November 1995
– USB versi 1
USB 1.0 – Januari 1996
– USB versi 2
USB 2.0 – April 2000
– USB vers 3
USB 3.0 – November 2008

Baca Juga  Tips Untuk Melindungi Komputer dari Serangan Hacker (Peretas)

Perbedaan Antara USB 2.0 dan 3.0

usb 2

Untuk membandingkan antara USB 2.0 dan 3.0, ada banyak ketidaksamaan khusus yang perlu kalian kenali, yakni:

a. Kecepatan Transfer

USB 2.0 mempunyai kecepatan data transfer kurang lebih 480 Mb/s, dan USB 3.0 tawarkan kecepatan sampai 4.8 Gb/s, beberapa puluh kali bisa lebih cepat. Ingatlah bahwa kecepatan data transfer ini pun bergantung pada perangkat yang kalian pakai.

b. Penggunaan Daya

USB versi 2.0 bisa menyalurkan arus sampai 500 mA, dan USB versi 3.0 bisa menyalurkan arus sampai 900 mA.

c. Tingkat Efektivitas

Technologi USB 3.0 memberi efektivitas energi yang lebih bagus dengan konsumsi daya lebih rendah dalam mode siaga. Dan fitur ini tidak dipunyai oleh USB 2.0.

d. Sistem Transfer Data

Kedua type USB ini memakai sistem data transfer yang berbeda. USB 2.0 manfaatkan sistem half-duplex (komunikasi transfer data yang dilakukan satu arah), sementara USB 3.0 memakai sistem full-duplex (komunikasi transfer data yang dilakukan dalam dua arah). Berarti, dengan USB 3.0 kita dapat kirim sekalian terima data pada saat yang sama.

e. Perbedaan Bentuk

Dari sisi bentuk, USB versi 2 dan versi 3 memanglah tidak banyak berbeda. Tetapi, sedikit ada mode ukiran dari USB versi 2 jadi versi 3. Kemudian, bantalan USB versi 2 mempunyai 4 jalur kabel, sementara USB versi 3 mempunyai jumlah yang lebih banyak, yaitu 9 jalur kabel.

f. Ketidaksamaan dari Panjang Kabel

Bila kita saksikan dari panjang kabelnya, rupanya USB versi 2 mempunyai panjang kabel sampai lima meter, sementara USB versi 3 cuman tiga meter saja.

Jadi itu perbedaan antara ke-2 USB itu. Sekarang ini, rata-rata perangkat telah support USB 3.0, jadi tidak heran bila kecepatan transfernya jadi lebih cepat, file besar juga dapat kita pindahkan dalam sekejap.

Baca Juga  7 Metode Untuk Melihat Spesifikasi Hardware di Windows 11
Default image
Vetrist

Cuma seorang yang suka ATM ilmu orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.