7 Dampak Buruk Kecanduan Bermain Smartphone

Smartphone bukanlah sebuah barang asing lagi di kehidupan kita. Karena di manapun kita berada, pasti benda elektronik yang satu ini wajib ada di genggaman ataupun di dalam saku dan tas kita.

Dan yang memilikinya pun sudah tidak pandang usia lagi. Mulai dari anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar, hingga Orang Tua yang sudah lanjut usia pun masih memilikinya. Yang ironisnya lagi, jaman sekarang anak-anak bukannya dibekali buku-buku pelajaran untuk dirinya, tetapi malah diberikan Smartphone canggih yang belum pantas untuk dimilikinya.

Karena semakin seringnya kita menggunakan Smartphone, maka munculah efek Ketagihan. Karena sudah ketagihan ataupun Kecanduan, maka benda elektronik yang satu ini gak akan lepas dari genggaman dan tatapan mata kita. Penggunaan smartphone pun sudah tidak kenal waktu lagi, mau sudah lewat tengah malam sekalipun orang-orang masih saja menggunakan smartphone-nya. Padahal banyak sekali efek buruk dari kecanduan smartphone.

Karena itu, saya ingin memberikan sedikit info tentang 7 Dampak Buruk Kecanduan Bermain Smartphone. Semoga setelah membaca artikel ini hingga habis, kita semua sudah paham dengan bahaya-bahaya kecanduan bermain Smartphone dan lebih menjaga diri dan keluarga.

1. Gangguan Pada Mata

mata rabun

Mata merupakan alat indera paling penting untuk kehidupan kita. Jika mata sudah mengalami masalah, maka penglihatan pun jadi susah dan kehidupan kita menjadi sedikit tidak normal. Karena itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan mata.

Sedangkan jika kita sering menatap layar Smartphone dengan waktu yang sangat lama, tentu hal tersebut akan menjadi penyebab rusaknya mata kita. Perlu sobat ketahui, Sinar Elektronik dari smartphone sangat berbahaya untuk kesehatan mata kita. Bisa menyebabkan Rabun.

Baca Juga  5 Aplikasi Melukis Terbaik di Android

Karena itu, batasi lah waktu untuk menatap layar smartphone sobat. Banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata, seperti sayur Wortel. Dan kurangilah pencahayaan yang terlalu terang pada Smartphone.

2. Sulit Tidur

insomnia

Salah satu penyebab munculnya penyakit Insomnia (Sulit Tidur) adalah efek dari kecanduan Smartphone.
Anak jaman dulu mungkin waktu tidurnya gak lama-lama, kira-kira gak lama setelah sholat Isya pasti langsung tidur, karena malam harinya mereka hanya belajar.

Tidak seperti sekarang, hanya bermodalkan smartphone, anak-anak hingga remaja sanggup untuk bergadang sampai jam 1 hingga jam 3 pagi. Yang mereka mainkan di smartphone pun tidak jelas. Ada yang kecanduan bermain Game, Sosial Media, hingga kecanduan P*rnografi.

Untuk itulah sebaiknya orang tua juga harus lebih bijak mengawasi anak-anaknya. Jika belum cukup dewasa, maka jangan pernah belikan anak barang-barang elektronik seperti smartphone. Dan untuk yang udah terkena insomnia akibat kecanduan smartphone, maka hentikanlah bermain smartphone pada malam hari, dan minumlah obat insomnia jika sudah terlanjur parah.

3. Gangguan Sosial

anti sosial

Apakah sobat tau istilah Anti Sosial?
Itu adalah sebuah sebutan untuk seseorang yang selalu menutup dirinya dari lingkungan sosial. Atau orang yang sangat jarang bersosialisasi dengan orang sekitarnya, dan lebih nyaman berada di dalam rumah sendirian.

Tahukah sobat bahwa salah satu penyebab seseorang menjadi ansos adalah barang-barang elektronik seperti Komputer dan juga Smartphone?
Terutama smartphone, karena benda ini lebih mudah dimiliki oleh banyak orang.

Kecanduan bermain smartphone bisa membuat seseorang malas untuk bertemu orang-orang di luar rumah. Dia jadi lebih suka menghabiskan waktunya di dalam kamar dengan bermain smartphone seharian. Karena itulah jika bertemu ataupun berbicara di depan orang banyak ia akan merasa malu dan gugup, karena memang tidak pernah bersosialisasi.

Untuk itu kita harus selalu menjaga tali silahturahim kepada sesama manusia, dan sering-sering betegur sapa dan berbincang-bincang dengan orang di sekitar kita. Jangan terlalu memikirkan smartphone saja. Jalanilah hidup ini layaknya manusia Normal, bukannya sebagai seorang Robot.

Baca Juga  5 Aplikasi Pencegah Radiasi Layar Smartphone

4. Beresiko Kecanduan P*rnografi

situs terlarang

Seperti yang saya katakan di judul kedua, Smartphone tak jauh hubungannya dengan P*rnografi. Smartphone lah yang menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi pecandu p*rnografi, karena kebebasan ber-internet tanpa ada pengawasan dari siapapun, bahkan orang tua sendiri juga tidak tau.

Bisa jadi orang yang suka bergadang hingga lewat tengah malam menghabiskan waktunya hanya untuk mendownload dan menonton video-video porno yang tersebar luas di internet. Jika sudah melihat sekali saja, maka akan ketagihan dan ketagihan, hingga akhirnya menjadi pecandu. Ingat sobat, P*rno itu hampir sama seperti Narkoba, sama-sama membuat ketagihan.

Gimana moral anak bangsa gak rusak, jika tontonannya adalah p*rno?
Gimana gak sering terjadi pemerk*saan jika nafsunya terus bergelojak karena p*rno?

Untuk itu cobalah hindari sekuat mungkin dari hal-hal yang berbau p*rno. Mau itu Video, Gambar, maupun hanya berupa Cerita. Dan dekatkanlah diri kepada Allah swt, ingatlah selalu bahwa Allah selalu mengawasi kita. Jangan tinggalkan Sholat, karena sesunguhnya sholat menghindarkan kita dari berbagai hal yang keji.

5. Penyebab Kemalasan

pemalas

Ada 2 faktor orang bisa menjadi pemalas. Yang pertama mungkin karena lagi Sakit, dan yang kedua karena terlalu kecanduan dengan Smartphone. Bahkan hanya karena smartphone saja seorang anak bisa mengatakan “Ah” pada orangtuanya jika disuruh untuk mengerjakan sesuatu. Ironis bukan?

Kegiatan belajar pun menjadi terbengkalai karena asiknya bermain Smartphone yang gak akan ada habisnya, apalagi pas lagi banyak kuota. Akibatnya apa? Ya otak makin lemah ilmu dan sekolah jadi tidak dipedulikan.

Jika sudah begini siapa yang mau disalahkan?
Apakah smartphone-nya?
Kan gak mungkin benda mati malah kita jadikan tersangkanya. Yang seharusnya bisa menahan diri ya kita sendiri, dan orang tua juga harus lebih waspada mengawasi anaknya dari hal-hal buruk.

Baca Juga  Inilah Cara Mengatasi 4G Menghilang di Smartphone

6. Meninggalkan Ibadah

ibadah

Nah, ini nih efek yang paling ironis karena kecanduan bermain Smartphone, kita menjadi lupa kepada Tuhan Sang Pencipta dan melanggar aturanNya. Jika Allah saja sudah berani kita cuekkin, apalagi dengan manusia biasa seperti orangtua kita sendiri.

Padahal ibadah itu menjadi faktor paling penting untuk kehidupan kita. Jika kita tidak menjalankan perintahNya yang begitu mudahnya, maka hidup kitalah yang akan menjadi susahnya. Karena dengan ibadah, kita akan semakin bersyukur atas rezeki yang selama ini telah kita nikmati, dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih beriman.

Tetapi rupanya si Smartphone sudah mampu menandingi perintah Allah sekalipun, Nauzubillah.

Jangan sampai kita menjadi orang yang lalai hanya karena benda buatan manusia yang tidak ada apa-apanya di mata Allah. Jika Allah mau, Dia bisa dengan sedetik melenyapkan semua smartphone yang ada di bumi ini.

7. Melupakan Keluarga

melupakan keluarga

Smartphone bisa membuat kita menjadi Lupa Dengan Keluarga jika sudah kecanduan. Karena kita akan lebih fokus kepada smartphone dan tidak punya waktu lagi untuk sekedar ngumpul dan ngobrol bareng keluarga.

Hal tersebutlah yang telah menjadi ke-ironisan zaman sekarang. Anak-anak sudah jarang duduk bersama dengan orang tua, mereka lebih nyaman untuk bermain smartphone di kamar dan Chattingan dengan teman-temannya melalui Sosial Media yang tidak ada Matinya, tetapi membuat kita menjadi mati daya.

Jika sudah jauh dengan keluarga, maka hal buruk dari manapun akan cepat terserap ke diri kita, karena jarangnya curhat kepada orang tua. Jika punya masalah, dia hanya membuat status di Facebook, dari pada langsung mengatakannya kepada Orang Tua.

Ya begitulah tingkah anak zaman sekarang, sungguh ironis.

Default image
Al Amin
Cuma seorang yang suka ATM ilmu orang.

Leave a Reply