7 Metode Untuk Melihat Spesifikasi Hardware di Windows 11

7 Cara Untuk Melihat Spesifikasi Hardware di Windows 11 – Mengetahui spesifikasi hardware apa yang kamu punyai umumnya dibutuhkan pada saat tertentu, misalkan saja saat ingin install program dengan keperluan spesifikasi tertentu, atau hanya sekadar mau tahu saja hardware apa yang kamu pakai.

Karena itu, artikel kali ini akan memberi setidaknya 7 cara yang dapat dijalankan bila kamu ingin melihat spesifikasi hardware yang kamu punya di Windows 11.

1. Googling

Langkah pertama kali yang dapat kamu coba dengan cari info lewat internet berdasarkan model laptop atau PC yang kamu miliki. Tetapi langkah ini cuman berlaku pada spesifikasi bawaan tanpa membeli hardware aftermarket . Maka bila kamu memakai PC rakitan, pasti langkah ini tidak dapat dijalankan.

2. Lewat Settings

1. Buka Settings.
2. Click pilihan System.
3. Pada panel kanan, scroll ke bawah sampai mendapati pilihan About.
4. Kamu akan mendapati detail berkenaan spesifikasi hardware yang ada. Selain itu, ada spesifikasi dari Windows yang ada.

setting windows 11

3. Lewat System Information

1. Buka Windows Run (Win + R), lalu tuliskan msinfo32 dan pencet enter.
2. Dalam menu System Summary, kamu akan mendapati informasi detail tentang sistem operasi, model laptop, versi BIOS, dan sebagainya.

system information
3. Selanjutnya, kamu dapat buka menu Components untuk ketahui komponen hardware yang lain seperti VGA, Storage, Ports, dan sebagainya.

system information 2

4. Lewat DirectX Diagnostic Tool (dxdiag)

1. Buka Windows Run (Win + R), lalu tuliskan dxdiag dan pencet enter.
2. Pada halaman awal, kamu akan mendapati informasi ringkasan tentang nama computer, sistem operasi, vendor hardware, processor yang dipakai, dan versi DirectX.

Baca Juga  Trik Mudah Membuat Chat Ngeblur pada WhatsApp Web

dxdiag
3. Kamu dapat membuka tab lain seperti Display untuk mendapati data yang terkait dengan VGA. Tab Sound untuk tampilkan info perangkat speaker. Tab Input untuk tampilkan perangkat yang tersambung.

dxdiag 2

5. Lewat Command Prompt

1. Buka Command Prompt.
2. Tuliskan perintah systeminfo dan pencet enter.
3. Kamu akan mendapati data detail tentang sistem operasi, model laptop, processor, versi BIOS, dan sebagainya.

Command Prompt

6. Lewat PowerShell

1. Buka PowerShell.
2. Tuliskan perintah Get-ComputerInfo dan pencet enter pada keyboard.
3. Sama dengan cara melalui Command Prompt, bakal tampil data seperti sistem operasi, model laptop, processor, versi BIOS, dan sebagainya.

PowerShell

7. Lewat Program Pihak ketiga

Langkah paling akhir yang dapat kamu coba dengan bantuan program. Ada beberapa program yang dapat dicoba, satu diantaranya yaitu CPU-Z. Program ini dapat tampilkan data secara detail pada hardware yang ada seperti processor, mainboard, RAM, slot dan tegangan RAM, dan VGA.

CPU-Z

Alternative program yang lain bisa juga kamu coba adalah AIDA64.

Itu ia cara-cara yang dapat kamu pakai bila ingin ketahui spesifikasi hardware di Windows 11. Bila kamu mempunyai langkah yang lain belum disebutkan diatas, pastikan untuk membagikan lewat kolom komentar.

Default image
Al Amin
Cuma seorang yang suka ATM ilmu orang.

Leave a Reply