Cara Gunakan Shazam Di IPhone Tanpa Perlu Repot Mengunduh Aplikasinya

Sistem operasi iOS 14.2 yang dirilis Apple pada 2020 silam menyelipkan fitur untuk mempermudah pengguna mencari tahu judul lagu atau nama penyanyi dari lagu yang sedang diputar melalui Shazam tanpa harus mengunduh versi aplikasinya.

Shazam merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengidentifikasi lagu, seperti memberikan informasi mengenai judul lagu hingga nama penyanyi.

Aplikasi ini biasanya digunakan saat pengguna menemukan lagu atau musik yang bagus namun kesulitan mengetahui judul lagu tersebut.

Apple sendiri telah mengakuisisi Shazam pada 2018 silam.

Aplikasi ini akan membantu pengguna untuk mengidentifikasi lagu yang diputar di radio bahkan lagu yang diputar melalui headphone penggunanya.

Untuk pengguna iOS 14.2 atau versi yang lebih baru, berikut langkah-langkah untuk menggunakan Shazam bahkan saat layar smartphone terkunci, yang telah dirangkum dari situs Theverge.com.

1.Buka Pengaturan, kemudian buka ID Wajah & Kode Sandi (atau Touch ID)

2.Scroll ke bawah ke bagian “Izinkan akses saat terkunci” dan pastikan Pusat Kontrol diaktifkan.

3.Kemudian tambahkan Shazam ke Pusat Kontrol dengan membuka pengaturan kemudian pilih Pusat Kontrol.

4.Scroll ke bawah ke bagian “More Controls” dan ketuk ikon plus hijau di sebelah Music Recognition untuk menambahkannya ke daftar “Included Controls” di atas.

5.Ubah posisinya di Pusat Kontrol dengan memindahkannya ke atas atau ke bawah daftar (ketuk dan tahan tiga batang di sebelah kanan ikon).

Ikon Shazam akan tersedia di Pusat Kontrol iPhone milik pengguna.

Untuk mengaksesnya dari layar kunci, hanya perlu menggeser ke bawah dari atas layar ponsel dengan ID Wajah, atau jika menggunakan ID Sentuh maka hanya perlu menggeser ke atas dari bawah ponsel pengguna.

Kemudian, ketuk ikon Shazam untuk mengaktifkan pengenalan musik, ikon akan menyala dan seperti berdetak saat sedang mendengarkan lagu yang diputar.

Baca Juga  Cara Mudah Menghilangkan Pemberitahuan (Notif) di WhatsApp

Pemberitahuan mengenai informasi lagu yang dibutuhkan akan muncul dalam beberapa saat, namun terkadang muncul pesan “tidak ada hasil yang ditemukan” saat fitur ini kesulitan mengidentifikasi lagu yang dimaksud.

Pengguna juga dapat menggunakan Shazam melalui Siri, caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah di atas untuk memastikan Siri diaktifkan di layar kunci jika ingin menggunakan fitur ini tanpa membuka kunci ponsel Anda.

Atau pengguna dapat mengatakan “Hai Siri, lagu apa yang sedang diputar?”, kemudian Siri akan menjawab jika sedang mendengarkan lagu yang diputar, dan kemudian pengguna akan mendapatkan notifikasi dari Shazam saat lagu telah diidentifikasi.

Default image
Vetrist

Cuma seorang yang suka ATM ilmu orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.